Pada tahun 1929-1939 dunia mengalami keterpurukan dalam segala bidang termasuk bidang ekonomi. Keterpurukan itu dikenal sebagai The Great Depression atau depresi hebat, dimana itu merupakan depresi terpanjang yang dialami tidak hanya oleh negara-negara kaya, bahkan negara miskinpun terkena dampaknya. Di masa itu sulit bagi negara untuk keluar dari krisis tersebut, karena waktu yang dibutuhkan untuk memulihkan ekonomi tidak sebentar, butuh waktu bertahun-tahun untuk memulihkan kondisi perekonomian negara.
Saat dunia sudah kembali pulih dari The Great Depression, kini dunia kembali harus menghadapi era baru yang dikenal dengan era “NEW NORMAL”. Era new normal ini terjadi karena Negara dituntut harus tetap berkembang ditengah situasi Pandemi COVID-19 yang sedang melanda. Karena pandemi ini menyebabkan banyak bisnis yang mengalami kerugian besar, para pemilik bisnis ini harus mengurangi jumlah karyawan hingga bahkan menutup usahanya karena penghasilan yang semakin hari semakin merosot.
Karena bisnis di era new normal ini merupakan tantangan tersendiri bagi para pemilik bisnis agar tetap bisa bertahan ditengah perubahan perilaku masyarakat secara tiba tiba, dan juga pasti dibutuhkan strategi dan inovasi terbaru yang dapat membantu bisnis Anda tetap bertahan dan bersaing. Berikut beberapa tips yang bisa Anda terapkan pada bisnis Anda:
- Melakukan Riset Terhadap Konsumen
Perlu Anda ketahui di era new normal ini, minat konsumen untuk berbelanja bisa saja menurun. Maka dari itu Anda harus cepat beradaptasi pada kondisi tersebut, dengan melakukan riset terhadap konsumen melalui market research agency Indonesia untuk mengevaluasi apakah produk atau jasa yang Anda miliki masih relevan dengan kebutuhan konsumen saat ini. Karen ajika Anda menyasar konsumen dengan perilaku konsumtif, setidaknya harus shifting ke konsumen lower dan middle class yang biasanya lebih hemat dalam membeli sebuah produk. Strategi ini akan mempengaruhi aspek lainseperti pemasaran, penentuan harga, hingga proses produksi barang ataupun jasa.
- Inovasi yang Relevan
Setelah Anda melakukan riset, selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah melakukan inovasi-inovasi yang tentunya masih relevan dengan bisnis Anda. Inovasi yang dilakukan harus sesuai dengan kebutuhan market bisnis, tidak hanya mengikuti apa saja yang sedang tren saat ini.
- Gunakan Sistem Online
Karena situasi yang tidak memungkinkan untuk berbelanja secara offline, menjadikan sistem online ini sebagai cara ampuh untuk tetap survive di tengah pandemi. Meskipun hanya melalui sistem online, konsumen Anda tetap dapat membeli produk Anda, dengan begitu Anda mendapat dua keuntungan sekaligus. Tidak hanya produk Anda yang terjual, Anda juga bisa berinteraksi dengan konsumen dan melihat langsung respon konsumen terhadap produk Anda dengan memberikan feedback yang positif.
- Lakukan Kolaborasi
Anda bisa melakukan kolaborasi antara produk yang Anda miliki dengan influencer pilihan Anda. Dengan cara ini Anda bisa melakukan promosi yang tepat sasaran dan menjangkau lebih jauh pembeli. Tapi perlu diingat ya, jangan sembarangan pilih influencer, Anda harus memilih influencer yang sesuai dengan target market yang sudah Anda tentukan, sehingga strategi ini dapat membawa segudang manfaat untuk Bisnis. Ingat! Harus tetap konsisten ya jika Anda ingin bisnis ini berhasil untuk konten promosi.
- Fokus terhadap Customer Relationship
Selama masa pandemi hingga era new normal ini, aktivitas kita mulai terbatas. Banyak orang yang lebih memilih untuk #DiRumahAja dibandingkan harus berbelanja keluar rumah. Nah, dengan keadaan ini Anda harus memikirkan cara terbaik untuk tetap bisa berkomunikasi dengan pelanggan setia Anda tanpa harus tatap muka. Misalnya, Anda dapat meningkatkan pelayanan customer service dengan memanfaatkan berbagai platform social media yang mudah dihubungi selama 24 jam. Anda juga bisa memanfaatkan sosial media ini untuk gencar update mengenai produk atau jasa yang bisnis Anda tawarkan.
- Manfaatkan Digital Marketing
Masih berhubungan dengan poin nomor 5, digital marketing merupakan hal yang tidak boleh tertinggal jika Anda ingin bisnis Anda dikenal lebih jauh melalui platform online. Sekarang adalah saat yang tepat untuk setiap bisnis memanfaatkan digital marketing. Walau semua orang terbatas jarak, mereka tetap bisa mengakses informasi melalui gadget di rumah. Dengan memanfaatkan media digital Anda tidak harus membayar mahal seperti Anda menggunakan bidang lain dalam memasarkan produk Anda. Keuntungan jika Anda menggunakan digital marketing adalah bisnis yang Anda miliki tidak hanya dikenal di satu tempat tetapi juga bisa menembus pasar internasional.
Nah, itu merupakan beberapa tips yang bisa Anda terapkan pada bisnis yang sedang Anda jalani saat ini. Dengan mengaplikasikan strategi – strategi di atas, harapannya dapat membantu pemilik usaha menghadapi persaingan ketat di masa new normal ini. Selain melakukan perencanaan usaha yang matang, pengaplikasian teknologi menjadi krusial untuk membantu pemilik usaha mampu bersaing secara optimal.