
Saat memulai bisnis atau peluncuran produk, Jasa riset pasar amatlah berperan untuk melengkapi kesuksesan segala perencanaan bisnis yang sudah Anda buat. Mengapa demikian? Market research dapat menyajikan banyak informasi yang sesuai pada bisnis Anda. Melakukan market research juga membantu Anda dalam memvalidasi ide produk yang akan Anda luncurkan.
Market research adalah tahapan eksplorasi yang digunakan untuk mengetahui perasaan umum mengenai produk atau layanan yang ingin Anda luncurkan. Metode market research akan mengamati bagaimana konsumen berperilaku ketika berinteraksi dengan suatu produk dan jasa dari sebuah perusahaan untuk mendapatkan banyak wawasan otentik bagi bisnis Anda.
Sebelum mengeksekusi segala ide-ide brilian bisnis Anda, coba tanyakan pada diri Anda:
Apakah orang membutuhkan produk atau layanan Anda? Siapa yang akan membayar dan menggunakannya? Bagaimana meyakinkan mereka untuk menggunakan bisnis, produk atau layanan yang Anda miliki? Apakah harga produk dan layanan Anda cocok dengan kebutuhan mereka? Hingga, kenapa mereka perlu menggunakan produk dan layanan dari perusahaan Anda? Penting untuk mengkritisi hal-hal tersebut agar Anda bisa mengeksekusinya secara optimal.
Anda tidak bisa hanya mengandalkan persepsi saja. Anda perlu melakukan pengumpulan data, mensurvei pengguna, meminta pendapat mereka, menjalin percakapan dengan mereka, dan mengumpulkan insight untuk ditindaklanjuti. Jangan abaikan hipotesis dari market research yang dilakukan, karena seringkali perencanaan Anda tidak sejalan dengan data yang sebenarnya. Pastikan Anda memiliki beberapa opsi atau pun plan B jika hasilnya jauh dari yang diasumsikan.
Pengumpulan data yang perlu Anda lakukan adalah pengumpulan data kuantitatif dan kualitatif. Ada beberapa perbedaan antara keduanya:
Data kuantitatif:
- Berapa ukuran total pasar Anda?
- Berapa persen pangsa pasar yang berpotensi Anda miliki?
- Gambaran demografi calon pelanggan B2C Anda (Usia, Jenis Kelamin, Lokasi, Pendapatan, Kelas Sosial, Pekerjaan, Pendidikan
- Gambaran demografi calon pelanggan B2B Anda (Industri, Lokasi, Ukuran perusahaan, Preferensi harga)
- Dari mana asal prospek potensial Anda?
- Berapa rentang usianya?
- Dsb.
Data kualitatif:
- Berapa permintaan saat ini di target pasar Anda?
- Apa nilai dan keyakinan pelanggan lama dan baru terhadap produk atau layanan Anda?
- Bagaimana tren market yang melingkupi: tren pertumbuhan, tren preferensi konsumen, dan tren pengembangan produk?
- Potensi pertumbuhan dan peluang untuk produk dan atau bisnis sebesar Anda?
Ada banyak sekali data yang perlu dikumpulkan dengan menggunakan jasa riset pasar, dan Anda dapat melakukan survei, wawancara, kelompok fokus, observasi, dan hal lainnya untuk mendapatkan informasi ini.
Setelah Anda memiliki semua data di tangan Anda, mulailah proses Analisis Data. Ini adalah tahapan dalam riset pasar ketika data kualitatif, data kuantitatif, atau campuran keduanya, disatukan untuk menarik kesimpulan berdasarkan data tersebut. Kesimpulan ini kemudian memberikan wawasan yang cukup bagi Anda untuk menjawab pertanyaan market research dan memvalidasi produk/layanan baru atau melanjutkan dengan produk/layanan yang sudah ada.
Anda perlu melakukan keduanya. Jangan mengabaikan hal ini jika Anda ingin produk atau layanan Anda sukses di pasar. Jika Anda merasa bukan orang yang tepat untuk melakukan market research, delegasikan pekerjaan tersebut kepada orang lain. Ada banyak peneliti atau bahkan perusahaan kompeten seperti PT. Indikator Daya Cendikia yang bersedia melakukan pekerjaan itu untuk Anda, Beri tahu Kami!